Sabtu, 09 Juli 2011

Minat Sosial

Minat Sosial
Adler memandang manusia lebih dipengaruhi oleh dorongan sosial daripada dorongan biologis. Ia menganggap bahwa potensi untuk minat sosial telah dibawa sejak lahir. Namun tingkat potensi bawaan lahir bagi perasaan sosial dicapai tergantung pada sifat dasar pengalaman sosial anak sejak dini. Tidak ada manusia yang bisa melepaskan diri sama sekali dari orang lain, menurut Adler atau kewajiban terhadap mereka. Sejak awal hidupnya, manusia telah berhubungan dengan manusia lain dalam keluarga, suku dan bangsa. Sebuah komunitas sangat diperlukan manusia untuk perlindungan dan untuk mencapai tujuan pertahanan. Jadi, hal itu selalu dibutuhkan oleh manusia untuk bekerjasama, dan kerjasama ini adalah apa yang Adler maksud sebagai minat sosial.
Di awal kelahiran, bayi menemukan dirinya di dalam situasi yang membutuhkan orang lain. Awalnya ibu, lalu anggota keluarga lain, dan terakhir rumahnya. Dalam masa pertumbuhan, kita tidak dapat berfungsi dengan baik dalam pengasingan dan harus mengembangkan minat sosial. Segalanya kita lakukan untuk ketenangan hidup kita yang terletak di dalam kerangka orang lain. Semua aspek-aspek dari karakter kita atau gaya hidup menampakkan tingkat dari perkembangan perasaan sosial kita.
Adler mencatat pengaruh penting dari ibu sebagai orang pertama yang dengan siapa bayi mengadakan kontak. Ibu bisa, lewat tindak tanduknya terhadap bayi, membantu dan mengembangkan minat sosial, atau dia dapat mengubah atau menghalangi perkembangannya. (Tentu saja, pengaruh ini tergantung, Adler telah mencatat, pada bagaimana anak menginterpretasikan kelakuan ibunya. Diri kreatif membentuk karakter bayi berdasarkan interpretasi ini.)
Ibu harus mengajari anak kerjasama, hubungan persahabatan, dan keberanian, konsep Adler dipertimbangkan untuk menjadi hubungan yang sangat erat. Anak (dan nanti saat dewasa) yang menganggap hal lain dengan permusuhan dan kecurigaan akan menemui masalah kehidupan dengan tingkah laku yang sama.. Anak dengan tanpa perasaan dari minat sosial akan menjadi orang dari masyarakat yang tidak menyenangkan seperti neurotic, criminal, orang jahat, dan sebagainya.

6 komentar:

  1. seberapa penting arti persahabatan buat seseorang...comen balik yo

    BalasHapus
  2. ahhhhhh sip keweh um, kecerdasan sosial mulai terbentuk

    BalasHapus
  3. temen2 ingat kita hidup bukan untuk sejahtera sendiri tetapi juga tuk orang lain atau masyarakat umum...

    BalasHapus
  4. jadi inget saling membantu...InsyaAllah kita sukses!

    BalasHapus
  5. setuju gak temen-temen kalo model rumah adalah perumahan membuat diri kita cenderung individualisme sehingga bisa mengurangi bahkan membunuh minat bersosial dengan lingkungan masyarakat..

    BalasHapus